Kamis, 08 Oktober 2020

Serangan Panik: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

SHARE

 



Gempuran cemas adalah situasi saat seorang berasa benar-benar takut serta kuatir dengan cara mendadak. Masalah ini sering membuat penderitanya berasa tidak berkapasitas serta kehilangan kesadaran. Oleh karenanya, penting untuk mengenali pemicu serta tanda-tanda gempuran cemas agar dihindari.


Gempuran cemas ialah timbulnya rasa takut, kuatir, grogi, atau resah terlalu berlebih serta mendadak. Tidak sama dengan reaksi emosional biasanya, tanda-tanda gempuran cemas dapat dirasa benar-benar kronis sampai membuat orang yang merasakan jadi tidak berkapasitas serta seringkali ingin tidak sadarkan diri.


Pemicu serta Tanda-tanda Gempuran Cemas Saat sedang ada di keadaan yang dipandang beresiko, badan manusia akan membuahkan hormon adrenalin. Hormon ini dapat memunculkan beberapa dampak, yakni tingkatkan kesiagaan serta ketajaman pancaindra, meningkatkan energi, dan membuat detak jantung serta napas bertambah lebih cepat.


Reaksi berikut yang akan membuat seorang berasa bertambah siaga atau serta cemas untuk sekejap. Umumnya, reaksi itu akan berkurang sesudah unsur pemrakarsa tanda-tanda cemas telah terselesaikan.


Syarat Utama Main Judi Sabung Ayam Meskipun begitu, beberapa orang ada yang merasai kecemasan dengan cara tiba-tiba walau dia tidak tengah hadapi keadaan atau situasi yang memberikan ancaman nyawanya. Situasi berikut yang disebutkan masalah cemas atau gempuran cemas.


Sampai sekarang ini, belum tahu apa sebagai pemicu dari timbulnya gempuran cemas. Tetapi, situasi ini diketahui bertambah beresiko berlangsung ke orang yang mempunyai kisah gempuran cemas di keluarganya atau orang yang pernah merasakan trauma psikologis.


Saat gempuran cemas ada, seorang dapat merasai tanda-tanda fisik di bawah ini:


Dada berdebar kuat


Badan gemetar serta banyak berkeringat


Napas bertambah lebih cepat


Pusing


Ngilu dada


Kehilangan selera makan


Mual


Kecuali merasai beberapa tanda-tanda fisik di atas, gempuran cemas dapat membuat penderitanya alami beberapa tanda-tanda psikologis, misalnya:


Tegang atau grogi


Tidak dapat santai


Susah fokus atau konsentrasi


Cemas terlalu berlebih


Ingin tidak sadarkan diri atau seolah-olah hidupnya akan usai


Susah tidur


Lemas serta berasa tidak berkapasitas


Tanda-tanda gempuran cemas seringkali seperti dengan tanda-tanda penyakit serangan jantung. Namun, ke-2 situasi itu adalah hal yang lain.


Penyakit serangan jantung biasanya akan memunculkan tanda-tanda ngilu dada tiba-tiba yang menebar sampai ke rahang, leher, atau pundak dibarengi keringat dingin. Disamping itu, tanda-tanda ngilu dada karena gempuran cemas cuman ada dibagian dada dan diiringi dengan timbulnya rasa kuatir serta takut yang paling intensif.


Untuk pastikan apa tanda-tanda yang Anda alami adalah tanda-tanda gempuran cemas atau penyakit serangan jantung, selekasnya kontrol diri Anda ke dokter. Buat pastikan analisis, dokter akan lakukan kontrol fisik serta kontrol pendukung yang terbagi dalam elektrokardiogram (EKG) serta tes darah.


Langkah Menahan serta Mengatur Gempuran Cemas Gempuran cemas adalah permasalahan psikologis yang penting diobati oleh psikolog serta psikiater. Untuk mengatasi situasi itu, dokter bisa lakukan psikoterapi serta memberi beberapa obat untuk menahan serta menangani tanda-tanda cemas yang ada.


Disamping itu, Anda dapat coba beberapa cara di bawah ini untuk menolong menentramkan diri serta menangani gempuran cemas yang ada:


1. Mengendalikan pernafasan Tarik napas dalam lewat hidung, tahan semasa 5–10 detik, lantas embuskan napas dengan cara perlahan-lahan lewat mulut. Kerjakan latihan pernafasan itu sekalian tutup mata sampai Anda berasa semakin tenang.


Tidak cuman untuk menurunkan gempuran cemas, latihan pernafasan dapat juga Anda kerjakan dengan teratur tiap hari buat menahan timbulnya gempuran cemas.


2. Memakai tehnik rileksasi otot Sama seperti dengan tehnik pernafasan, tehnik rileksasi otot dapat menolong menurunkan gempuran cemas. Tehnik ini dilaksanakan dengan kencangkan otot badan spesifik semasa 5–10 detik, selanjutnya melepasnya dengan cara perlahan-lahan.


Contohnya, dengan mengepalkan tangan erat-erat untuk merelaksasi otot tangan atau mendongakkan kepala sejauh kemungkinan untuk merelaksasi otot leher.


3. Mengubah perhatian Waktu gempuran cemas menyerbu, coba untuk mengubah rasa kuatir serta takut yang Anda alami dengan suatu hal yang digemari. Contohnya, dengan dengarkan musik, olahraga, atau lakukan yoga serta meditasi.


4. Latih konsentrasi Saat gempuran cemas menyerbu, sebagian orang berasa terbantu dengan memusatkan pemikiran pada suatu objek. Triknya, pilih satu objek dalam tempat peristiwa yang sangat nampak jelas.


Contohnya, Anda memastikan konsentrasi pada pukul dinding. Lihat bagaimana jarum jam bergerak serta jabarkan dalam pemikiran Anda bagaimana warna, bentuk, dan ukuran jam dinding itu. Fokuskan semua pemikiran Anda pada objek ini sampai tanda-tanda cemas berkurang.


5. Mengisap wewangianterapi Wewangian lavender diketahui dengan dampaknya yang sanggup menentramkan serta hilangkan depresi, hingga menolong badan bertambah santai. Berikan minyak fundamental lavender pada lengan waktu cemas menyerbu serta hisap wewangiannya. Kecuali wewangian lavender, Anda dapat juga coba beberapa wewangian aroma yang Anda gemari.


Untuk menahan timbulnya gempuran cemas, Anda pun dianjurkan untuk lakukan beberapa panduan di bawah ini:


Konsumsi makanan dengan teratur.


Awasi atau jauhi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi.


Teratur olahraga.


Istirahat yang memadai dengan tidur semasa 7–9 jam tiap malam.


Stop merokok serta janganlah minum minuman mengandung alkohol.


Jauhi beberapa unsur yang bisa menyebabkan depresi.


Jika gempuran cemas ada kadang-kadang, situasi ini mungkin termasuk normal serta dapat pulih sendirinya. Tetapi, Anda perlu siaga bila gempuran cemas seringkali ada atau bila makin kronis serta memunculkan tanda-tanda stres atau kemauan untuk bunuh diri.


Bila Anda merasai gempuran cemas yang begitu, seharusnya Anda selekasnya konsultasi ke psikiater untuk memperoleh perlakuan yang pas.

SHARE

Author: verified_user